Bismillah...
Humans are creatures of habit...
Atau manusia adalah mahluk kebiasaan...
Artinya kita melakukan sesuatu karena terbiasa.
Kita memilih untuk membeli merek X daripada Y karena kita sudah terbiasa.
Disisi lain, Kita sulit meninggalkan sesuatu karena terbiasa.
Old habits die hard, kebiasaan lama susah hilangnya.
Nah, agar bisnis atau produk kita menjadi kebiasaan pelanggan, kita harus menjadi bagian dari hidup pelanggan kita.
Kita harus ada ditempat mereka berada, kita harus terus terlihat di tempat mereka menoleh, dan harus jadi bagian dalam obrolan mereka sehari-hari.
Agar bisa menjadi bagian dari hidup pelanggannya, perusahaan-perusahaan raksasa menggunakan budget pemasaran mereka yang besar untuk menampilkan brand dan produk mereka di manapun mereka bisa.
Tujuannya agar mereknya terus terlihat, dimanapun, kapanpun, sehingga pelanggan mereka tidak lupa.
Prinsipnya: out of sight, out of mind.
Jika Anda tidak terlihat, Anda tidak akan diingat.
Karenanya Anda harus terus dilihat dan terus berinteraksi dengan pelanggan Anda di berbagai tempat.
Dalam dunia marketing, ini sering disebut dengan: Multiple Touch Point.
GAMBAR
Internet memungkinkan kita melakukan multiple touch point dengan pelanggan kita tanpa budget besar seperti yang dilakukan oleh perusahaan raksasa.
Anda bisa muncul di Facebook, didalam email, Instagram, YouTube, dll dengan biaya yang tidak begitu besar, bahkan gratis.
Dan email merupakan pendorong touch point dengan impact terbesar menurut saya.
Ini yang bisa Anda lakukan untuk menambah touch point dengan email:
-
Kirimkan artikel blog, status Facebook, atau Instagram Anda yang paling populer melalui email autoresponder. Saya cukup sering melakukan ini setelah seseorang mendaftarkan alamat emailnya ke saya. Dengan cara ini, selain pelanggan Anda mendapatkan sesuatu yang bernilai, Anda juga sekalian mengirimkan social proof berupa sesuatu yang sudah ramai dilihat.
-
Letakkan akun social media Anda setiap kali mengirimkan email. Dengan begini, semakin banyak orang yang berlangganan email ke Anda, semakin bertambah juga follower social media Anda. Salah satu member KIRIM.EMAIL: Daarul Qur'an selalu meletakkan akun social medianya dibagian bawah email.
GAMBAR socmed daqu.
- Broadcast melalui email setiap Anda posting sesuatu yang baru di akun social media Anda. Setiap kali Anda meng-upload video baru di YouTube/ Facebook, atau setiap kali Anda mengupdate artikel blog terbaru, broadcast link-nya ke subscriber Anda.
Tentu saja ada banyak sekali cara untuk menambah touch point, apalagi kalau Anda sudah melibatkan saluran iklan berbayar, namun ketiga hal diatas akan dengan cepat sekali meningkatkan interaksi Anda di banyak tempat sekaligus.
Apa itu autoresponder?
Apa itu broadcast email?
Bagaimana melakukannya?
Semuanya sudah lengkap didalam KIRIM.EMAIL,daftar sekarang di:
Http://kirim.email
Saya tunggu didalam.
-Fikry KIRIM.EMAIL - Bukan sekedar aplikasi email marketing :D